Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lomba Vlog 'Kreativitas Literasi Keluarga di Era Milenial' Kemendikbud (DL. 30 September 2019)


Preview 

Deadline:  30 September 2019
Pengumuman Pemenang: 25 Oktober 2019
Sifat Lomba (GRATIS)
Hadiah : Total Rp. 46 juta
Rating Lomba. 4,5/5 (Ekslusif)

CP: @sahabatkeluargakemdikbud (Instagram)

Intro 
Halo, sobat Lombapedia. Ada lomba vlog seru nih. Yakni Vlog Pendidikan Keluarga, yang diadain Kemendikbud. Jadi, buat kamu yang hobi mejeng di depan kamera dan punya ide berjibun untuk dituangkan sebagai inspirasi atau pemikiran kamu untuk meningkatkan literasi keluarga, di sini tempatnya. 

Mungkin pemerintah makin jengah dengan tingkat hoax yang belakangan ini makin gawat di Indonesia yang salah satunya disebabkan oleh tingkat literasi masyarakat yang masih rendah. Maka keluarga diharapkan menjadi tameng pertama dan utama agar tingkat literasi masyarakat milenal semakin lebih baik ke depannya. Karena pendidikan dimulai dari keluarga, bukan? Kamu salah seoarang milenial juga? Ikutin kuy.

Prosedur Kompetisi 

1. Untuk mengikuti Vlog Pendidikan Keluarga Tahun 2019, peserta harus melakukan registrasi melalui laman resmi Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga (https:// sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/) pada kanal Lomba Pendidikan Keluarga sejak tanggal 15 April s.d 30 September 2019;
2. Vlog diunggah di youtube pada periode 15 April s.d 30 September 2019;
3. Nominasi pemenang akan diumumkan pada tanggal 25 Oktober 2019 dan dapat dilihat melalui laman resmi Pembinaan Pendidikan Keluarga (https:// sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/);

4. Hadiah akan diberikan pada kegiatan Apresiasi Pendidikan Keluarga pada bulan November 2019.

Syarat dan Ketentuan 

1. Tema Lomba
 Lomba Vlog Pendidikan Keluarga Tahun 2019 bertema “Kreativitas Literasi Keluarga di Era Milenial”

2. Ketentuan Lomba
Vlog adalah adalah sebuah video yang mempunyai tema tertentu yang dikemas dalam konsep dokumentasi jurnalistik dan dimuat dalam sebuah website. Biasanya video vlog berisi tentang ketertarikan, opini maupun pikiran, hampir mirip dengan tayangan televisi, walaupun dalam proses pembuatannya tidak serumit pembuatan tayangan televisi. Istilah vlog sendiri merupakan singakatan dari video blog.
Lomba vlog pendidikan keluarga adalah ajang kompetisi vlogger untuk menyebarluaskan informasi literasi keluarga.
a. Lomba Vlog dapat diikuti oleh masyarakat umum.
b. Peserta lomba bisa perorangan atau tim.
c. Peserta boleh mengirimkan 1 (satu) karya video.
d. Durasi Vlog maksimal 5 menit.
e. Vlog yang diikutsertakan dalam lomba harus relevan dengan tema.
f. Vlog yang diikutsertakan dalam lomba bersifat aktual, bernilai, inovatif, kekinian, tidak mengandung unsur SARA dan pornografi serta merupakan karya asli yang bukan plagiat.
g. Vlog yang diikutsertakan dalam lomba tidak sedang diikutsertakan dalam lomba sejenis.
h. Video bersifat orisinal, tidak melanggar hak kekayaan intelektual pihak manapun, dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Apabila vlog menggunakan karya musik yang ada hak ciptanya, peserta harus melampirkan izin dari pemilik hak tersebut)
i. Peserta mengunggah karya melalui Youtube dengan judul (#literasikeluarga-Judul vlog) dan mencantumkan link chanel youtube Sahabat Keluarga (Sahabat Keluarga) dan link laman Sahabat Keluarga (https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/) di deskripsi video.
j. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berhak menggunakan seluruh karya video yang diikutkan pada lomba sebagai bahan sosialisasi pendidikan keluarga.
k. Peserta tidak dipungut biaya dalam mengikuti lomba ini.
l. Peserta yang mengikuti perlombaan ini dianggap setuju dengan semua syarat dan ketentuan. Apabila dikemudian hari ditemukan pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan di atas, maka dewan juri berhak melakukan diskualifikasi.
m. Kemendikbud dibebaskan dari tuntutan pihak ketiga dan konsekuensi hukum atas vlog yang dikirimkan peserta.
n. Keputusan Dewan Juri bersifat mengikat dan tidak dapat diganggu gugat.
o. Lomba tidak dapat diikuti oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kemendikbud.

3. Juri dan Penilaian

a. Tim juri antara lain terdiri dari unsur: 1) Vlogger (selebgram) 2) Penulis/Akademisi/Pakar Pendidikan 3) Pegiat Pendidikan Keluarga 4) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

b. Tugas Juri terdiri dari:
1) Membuat dan memfinalisasi instrumen penilaian.
2) Menilai video peserta lomba.
3) Memutuskan nominasi dan pemenang lomba;
4) Melaporkan hasil penilaian lomba kepada Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga.
c. Aspek pada video akan dinilai dengan mempertimbangkan:
1. Kesesuaian dengan tema
2. Bermanfaat dan menginspirasi pengembangan program Pendidikan Keluarga khususnya Literasi Keluarga.
3. Keaslian dan kualitas video
4. Jumlah viewers vlog
 5. Tim Juri menetapkan urutan nominatif video terbaik sebagai pemenang lomba.
6. Hasil penilaian juri tidak dapat diganggu gugat.

c. Teknik Penilaian Teknik yang digunakan dalam penilaian lomba penulisan vlog ini adalah dengan melakukan penghitungan nilai skala (0 terendah dan 5 tertinggi) dari setiap indikator seperti tertera pada tabel berikut.




Skala yang ditentukan untuk menilai tiap indikator pada setiap aspek, kemudian dijumlahkan. Hasil penjumlahan skala kemudian dibagi 10 (sepuluh), lalu dikalikan bobot nilai untuk setiap aspek sehingga diperoleh nilai aspek.

4. Penghargaan
Pemenang lomba vlog akan mendapatkan plakat, seritifikat serta uang tunai dengan total hadiah sebesar Rp52.000.000,- dengan rincian sebagai berikut:
1. Pemenang I : Rp 10.000.000,-
2. Pemenang II : Rp 8.000.000,-
3. Pemenang III : Rp 6.000.000,-
4. Pemenang Harapan : 7 orang @Rp4.000.000,-
Catatan: Pajak hadiah ditanggung pemenang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.


Panduan lengkap lombanya, klik di sini.

Tips Menang 

1. Karena bertema keluarga, maka kemungkinan akan menjadi nilai tambah apabila video yang dikirimkan peserta menampilkan background keluarga, atau mengajak keluarga peserta, tetangga, atau yang lainnya untuk berpartisipasi sehingga video terkesan totalitas seperti yang disajikan pada tabel penilaian poin 1 'Pendidikan Keluarga' dan poin 2 'skrip'.  
2. Video setidaknya harus diedit dengan visual yang menarik. Tidak harus berlebihan, tapi setidaknya peserta harus mampu melakukan editing standart, agar video mentahnya dapat diolah dengan baik. Minimal dalam pergantian slide, atau latar belakang, atau penggunaan font huruf pada video harus relevan.   
3. Dalam pengisian voice over, video sebaiknya menggunakan suara narator yang membangkitkan mood dari penonton nya. Volume suara harus di-mix dengan baik, agar tidak terlalu kecil, dan tidak terlalu besar. Dan gunakan lagu latar belakang yang tidak melanggar hak cipta.   
4. Semakin cepat video diupload, maka akan semakin baik. Karena kamu sebagai peserta akan punya waktu yang cukup banyak untuk melakukan promosi sebagaimana pada tabel penilaian poin 1, dimana respon dari publik dalam arti jumlah viewers akan mempengaruhi nilai.  

Catatan Redaksi
Jadi Vloggers itu gak harus alay. Apalagi dalam nuansa kompetisi. Jangan merasa minder kalau ada youtuber 'punya nama' yang ikut. Yang penting tunjukkan keunikan kamu masing-masing. Jangan jadi deadliners, dan tetap berdoa. Niscaya bakal menang.

Jangan lupa traktir Lombapedia kalau menang, ya.
Hehe.

Jangan lupa follow @Lombapediaku di Instagram untuk informasi yang lebih cepat dan real time. 


Posting Komentar untuk "Lomba Vlog 'Kreativitas Literasi Keluarga di Era Milenial' Kemendikbud (DL. 30 September 2019) "